Loading...

Mempercepat surfing internet dengan Google Public DNS [UPDATE]

Google Public DNS
Sepertinya Google si biang internet tidak henti-hentinya berinovasi meluncurkan layanan baru. Kemarin Google baru saja meluncurkan sebuah produk layanan gratis yang bernama Google Public DNS, sebuah layanan umum buat semua pengguna internet menggunakan infrastruktur kepunyaan Google untuk meningkatkan kecepatan loading time sebuah halaman situs, atau singkatnya bisa juga dibilang untuk mempercepat surfing internet. Apa itu DNS?
Domain Name System atau disingkat DNS adalah sistem penamaan sebuah domain situs internet, dimana fungsinya adalah untuk menggantikan kode nomer unik Internet Protocol (IP) sebuah alamat internet menjadi sebuah nama yang lebih manusiawi atau mudah diingat, seperti misalnya 74.125.45.100 adalah nomor IP untuk www.google.com.
Mungkin sebagian besar kita tidak akrab dengan DNS (Domain Name system) karena biasanya DNS ini secara otomatis sudah disediakan oleh Internet Service Provider (ISP).
Cara Mengubah Setting DNS Server


Untuk mengubah setting DNS Server yang akan kita gunakan sebagai sarana koneksi internet, silahkan buka Network Connections, lalu masuklah ke setting  Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) Properties.
Bila kita ingin menggunakan Google Public DNS, seperti terlihat pada gambar di atas, masukkan nomor ini ke dalam DNS server addresses:
  • 8.8.8.8 sebagai Preferred DNS server
  • 8.8.4.4 sebagai Alternate DNS Server
Save setting tersebut. Mungkin perlu restart komputer agar setting tersebut bisa berfungsi sepenuhnya.
Atau untuk lebih jelasnya silahkan buka situs Google Public DNS di sini.
Dari berbagai pengalaman orang lain, katanya setting DNS menggunakan Google Public DNS ini memang membuat surfing internet jadi lebih cepat. Mungkin karena Google memiliki database lebih lengkap tentang berbagai situs di internet.
Tapi apa iya?
Mengukur DNS Server dengan Aplikasi DNS Benchmark


Ada sebuah aplikasi untuk mengukur kecepatan koneksi DNS Server, yaitu sebuah aplikasi gratis keluaran Gibson Research Corporation yang dinamakan DNS Benchmark. Aplikasi simpel ini bisa langsung dijalankan tanpa perlu instalasi (bersifat portable). Penggunaannya cukup mudah. Begitu program ini dibuka, silahkan buka tab “Nameservers”. Selanjutnya masukkan (klik tobol “Add/Remove”) sebuah nomor DNS server, kemudian klik “Run Benchmark”. Tunggu beberapa saat (agak lama) sampai proses benchmarking selesai (indikator bar berwarna biru terisi penuh). Kita bisa membandingkan hasilnya.
Bila setting dengan menggunakan Google Public DNS (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) lebih baik dari nomor DNS default dari ISP yang kita gunakan, mungkin sebaiknya kita menggunakan layanan Google ini.
Saya membandingkan DNS server default (198.168.1.1) yang saya gunakan dengan kepunyaan Google menggunakan aplikasi DNS Benchmark tersebut. Ternyata, seperti terlihat pada screenshot di atas, Google Public DNS masih kalah cepat tuh, hehehe….
Tapi mungkin ini berbeda dengan ISP yang anda gunakan. Jadi silahkan bandingkan dulu aja menggunakan aplikasi DNS Benchmark ini sebelum menggunakan Google Public DNS.
Silahkan download langsung DNS Benchmark (direct download) di sini atau buka situsnya.

***

UPDATE

Beberapa hari ini, surfing internet terasa lambat aka lelet. Saya jadi ingat sama sam Google Public DNS ini, mungkin bisa sedikit membantu mempercepat browsing internet. Tapi sebelum digunakan, saya tes dulu pake DNS Benchmark itu. Ternyata eh ternyata, DNS kepunyaan Google itu terbukti paling cepat, menurut software itu. Ini screenshotnya:
screenshot tanggal 14-12-2009
Akhirnya saya ganti setting DNS. Dan langsung terasa, dengan Google Public DNS itu surfing internet jadi lebih lancar. Wew… thanks dah om Gukguk, hehehe…
Jadi kapan-kapan kalo internet terasa ngadat aka lambat, mungkin bisa dipertimbangkan perubahan setting DNS, mudah-mudahan bisa membantu :)

***
Ngebuuttzz… :)


Sumber: http://zonsdigital.blogspot.com/

Baca Artikel yang Lain...

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

DenTekno
Newer Posts Older Posts
Back To Top